TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENYELESAIAN SENGKETA AKIBAT WANPRESTASI PADA PERJANJIAN SEWA MENYEWA (Studi Kasus Di Ita Lestari Carter Dan Rental Mobil Tulungagung)

RINA ANTIK NOPITA SARI, 17101163055 (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENYELESAIAN SENGKETA AKIBAT WANPRESTASI PADA PERJANJIAN SEWA MENYEWA (Studi Kasus Di Ita Lestari Carter Dan Rental Mobil Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB VI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari meningkatnya kebutuhan manusia akan transportasi darat terutama mobil. Mobil banyak digunakan untuk keperluan bisnis, keperluan wisata bahkan untuk keperluan pemenuhan gengsi semata, dan sejalan dengan itu meningkat pula bisnis rental mobil yang untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Karena harga sewa mobil yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat, hal ini menjadikan peluang bisnis rental mobil menjadi bisnis yang menjanjikan. Perjanjian sewa menyewa mobil dibuat oleh para pihak secara tertulis, jika salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya (wanprestasi), konsekuensinya pihak tersebut akan digugat oleh pihak lainnya dan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya. Penyelesaiannya dilaksanakan melalui pengadilan (litigasi) maupun di luar pengadilan (non litigasi). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Apasaja bentuk wanprestasi yang terjadi pada perjanjian sewa menyewa di Ita Lestari Carter dan Rental Mobil? (2) Bagaimana penyelesaian sengketa akibat wanprestasi perjanjian sewa menyewa di Ita Lestari Carter dan Rental Mobil? (3) Bagaimana penyelesaian sengketa akibat wanprestasi perjanjian sewa menyewa di Ita Lestari Carter dan Rental Mobil ditinjau dari Hukum Positif? (4) Bagaimana penyelesaian sengketa akibat wanprestasi perjanjian sewa menyewa di Ita Lestari Carter dan Rental Mobil ditinjau dari Hukum Islam. Dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dan studi kasus. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penlitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) wanprestasi yang terjadi di Ita Lestari Carter dan Rental Mobil yaitu: keterlambat pengembalian mobil, kerusakan mobil, dan pencurian mobil. (2) penyelesaian sengketa yang dilakukan secara perdamaian dengan cara membayar denda, ganti rugi memperbaiki mobil dan mengembalikan mobi. (3) Dalam prespektif hukum positif penyelesaian sengketa wanprestasi sudah sesuai dengan isi naskah perjanjian dengan cara negosiasi. (4) Dalam prespektif hukum Islam penyelesaian sengketa yang dilakukan sudah memenuhi syariat Islam dengan cara Al Shulh atau perdamaian sangat dianjurkan agar terhindar terputusanya silaturahmi, sekaligus permusuhan diantara pihak-pihak yang sedang bersengketa dapat diakhiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163055 Rina Antik Nopita Sari
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:11
Last Modified: 25 Mar 2020 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item