Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IV di MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung

Rendi Syaifudin, Zuhri, (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IV di MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I, ren.doc

Download (67kB)
[img] Text
BAB II, RENDI.doc

Download (209kB)
[img] Text
BAB III. ren.doc

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (34kB)
[img] Text
COVER.doc

Download (96kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata-kata kunci: prestasi belajar, pendekatan konstektual berbasis masalah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh minat belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstektual berbasis masalah. Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual diharapkan hasil pembelajaran akan lebih bermakna bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini: 1) Bagaimana pendekatan kontekstual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana meningkatkan prestasi belajar IPS dengan melalui pendekatan kontekstual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui pendekatan konstektual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. 3) Untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar IPS dengan melalui pendekatan konstektual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena tindakan terhadap subjek sangat diutamakan. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah pre-test, post-test, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian, 1) Pendekatan kontekstual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung adalah pembelajaran dengan tahap-tahap sebagai berikut: Tahap inti di mulai dengan menjelaskan materi yaitu mengenai masalah-masalah social di lingkungan setempat. Kegiatan guru adalah: (1) Mengajukan cerita untuk memunculkan masalah, (2) Membantu siswa untuk mendefinisikan dan mengorganisasikan tentang materi masalah sosial di lingkungan sekitar, (3) menyuruh siswa untuk menganalisis dan mendefinisikan masalah, membuat ramalan, mengumpulkan data dan menganalisa informasi, dan merumuskan kesimpulan tentang masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar, (4) Membantu siswa dalam merencanakan dan langkah-langkah penyelesaian masalah, (5) Membimbing dan mengarahkan siswa untuk evaluasi terhadap penyelidikan dari proses-proses yang mereka lakukan bersama kelompok. 2) Meningkatkan prestasi belajar IPS melalui pendekatan kontekstual berbasis masalah siswa kelas IV MI Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung adalah dapat dilihat dari prestasi belajar siswa kelas IV yang semakin meningkat, dapat dibuktikan: pada siklus I dan siklus 2, nampak bahwa terjadi peningkatan terhadap prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 78,68%, meningkat dari sebelum diberi tindakan hanya 75,54%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 91,59%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2015 06:18
Last Modified: 13 Apr 2015 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item