PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK

OLEH NGINDANA ROUDHOTUN NADHIFAH, 17201153338 (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

i ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan kurikulum PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek” ini ditulis oleh Ngindana Roudhotun Nadhifah, NIM. 17201153338 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sokip, M. Pd. I. Kata kunci: Pengembangan kurikulum, hidden curriculum PAI, kualitas pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang hanya bergantung pada kurikulum yang tertulis. Pengembangan pada kurikulum PAI sangatlah penting untuk dilakukan demi terciptanya kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam yang lebih baik. Agar tidak pasif dan dogmatis, pengembangan tersebut diarahkan pada aspek – aspek yang berorientasi pada Allah SWT, kehidupan sosial manusia, dan alam sekitar. Pengembangan kurikulum PAI yang berorientasi pada Allah SWT, kehidupan sosial manusia, dan alam sekitar dapat dirupakan pada hidden curriculum PAI. Bentuk dari hidden curriculum PAI ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada Allah SWT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek? (2) bagaimana bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada kehidupan sosial manusia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek? (3) bagaimana bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada alam sekitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada Allah SWT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek (2) mendiskripsikan bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada kehidupan sosial manusia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek (3) mendiskripsikan bentuk pengembangan hidden curriculum PAI yang berorientasi pada alam sekitar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Panggul Trenggalek Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun pengumpulan data yaang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, lebih spesifiknya adalah triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitiannya adalah (1) bentuk pengembangan hidden curriculum kurikulum PAI yang berorientasi pada Allah SWT berupa pembiasaan hafalan surat – surat pendek, ektrakurikuler MTQ dan TBTQ dan pembiasaan sholat dhuha. Pengembangannya dilakukan sengan tahap penyususunan pada awal semester, pelaksanaan, penilaian atau evaluasi pada setiap akhir semester dan penyempurnaan dilakukan pada semester berikutnya (2) bentuk pengembangan hidden curriculum yang berorientasi pada kehidupan sosial manusia yaitu pembiasaan salam, salim senyum dan sapa dan ektrakurikuler Pramuka. Pengembangan dari program tersebut dimulai dengan perencanaan atau penyususnan yang dilakukan setiap semester. (3) bentuk pengembangan hidden curriculum yang berorientasi pada lingkungan alam berupa pelaksanaan Jum’at bersih, kerja bakti dan juga sebagian ektrakurikuler Pramuka. Pengembangan ini terjadi pada proses pelaksanaan di lapangan yang selalu mengikuti keadaan alam yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S. Pd 17201153338 Ngindana Roudhotun Nadhifah
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:43
Last Modified: 09 Jan 2020 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14190

Actions (login required)

View Item View Item