PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG

EVA NURZUNIA ZAHROH, 17205153282 (2020) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI MUHAMMADIYAH PLUS SUWARU BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Plus suwaru Bandung” ditulis oleh Eva Nurzunia Zahroh, NIM. 17205153282, pembimbing Bapak Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Metode Tutor Sebaya, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang beranggapan matematika itu pelajaran yang sulit serta hasil belajar siswa yang kurang optimal. Selain itu kurangnya metode pembelajaran variatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. peneliti menggunakan metode tutor sebaya untuk dapat mempermudah pemahaman pelajaran matematika, sehingga siswa tidak akan beranggapan matematika itu sulit dipelajari. menurut peneliti metode pembelajaran metode ini mengajak siswa untuk bekerjasama dengan sesama teman untuk memecahkan masalah yang ditemukan pada materi pembelajaran sehingga siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan begitu metode tutor sebaya dapat menciptakan pengajaran yang menarik agar siswa tidak cepat bosan terhadap suatu pelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung?, (2) Adakah pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung?, (3) Adakah pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung. Penelitian ini menggunakan pola penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control groupe serta menggunakan metode angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru dengan sampel dari penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru terdiri dari kelas IVA sebanyak 25 siswa dan kelas IV B sebanyak 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data uji gain score dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif metode tutor sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung, hal itu terbukti dari uji gain score yang menggunakan uji-t menghasilkan sebesar 3.052 > 1,677 dengan signigikansi menunjukan kurang dari 0,05 yaitu nilai sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05. (2) adanya pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung, terbukti dari hasil uji gain score yang menggunakan uji-t nilai thitung yang lebih besar dari ttabel yaitu dengan nilai 3,265 > 1,677 dan nilai sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. (3) Pada pengujian yang dilakukan secara bersama-sama menggunakan uji MANOVA mendapatkan nilai sig. yang lebih kecil dari taraf signifikan 5% yaitu 0,002 < 0,05, sehingga dari nilai perhitungan sig. uji MANOVA tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh metode tutor sebaya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: eva 17205153282 Eva Nurzunia
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:09
Last Modified: 06 Jan 2020 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item