Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Anak Guru dengan Anak Petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010

Agustina, Indriani (2010) Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Anak Guru dengan Anak Petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (20kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Anak Guru, Anak Petani Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa pendidikan, status dan pekerjaan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah dan pilihan karir. Oleh karena itu dikatakan bahwa keluarga (orang tua) memegang peranan penting untuk meningkatkan perkembangan anak dan prestasi belajar anak. Tanpa dorongan dan rangsangan dari orang tua, maka perkembangan dan prestasi belajar anak akan mengalami hambatan. Berdasarkan fenomena itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh dengan membandingkan prestasi belajar siswa antara siswa yang orang tuanya bekerja sebagai guru dengan siswa yang orang tuanya bekerja sebagai petani. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana prestasi belajar siswa anak guru di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa anak petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010? (3) Adakah perbandingan prestasi belajar siswa antara anak guru dengan anak petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa anak guru di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa anak petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010. (3) Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa antara anak guru dengan anak petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan pola penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa mulai kelas 1-5 SDN Butuh 1 tahun ajaran 2009/2010. Dengan menggunakan teknik proportionale stratified random sampling, didapatkan sampel 25 siswa anak guru dan 24 anak petani yang jumlah totalnya 49 siswa. Sedangkan metode dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif yang diambil dari nilai raport siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer dengan menggunakan paket program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 16.0 for Windows melalui uji statistik yang berupa uji t (t-test). Hasil penelitian setelah diadakan analisis (1) Rata-rata atau mean ( ) nilai mata pelajaran PAI untuk siswa kelas 1-5 di SDN Butuh 1 yang berasal dari anak guru adalah 83,3. Kemudian untuk matpel Bahasa Indonesia : 79,6; Matematika : 76,6; IPA : 76,4. Dari data tersebut menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari anak guru mampu mengikuti dengan baik dan menyerap materi yang diajarkan. Melihat hasil nilai rata-rata itu, siswa anak guru tersebut sudah masuk kriteria bagus. (2) Rata-rata atau mean ( ) nilai mata pelajaran pendidikan agama Islam untuk siswa kelas 1-5 di SDN Butuh 1 yang berasal dari anak petani adalah 81,1, kemudian untuk Bahasa Indonesia: 77,6; Matematika:75,6; IPA: 78,6. Hal itu menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari anak petani juga mampu mengikuti dengan baik dan menyerap materi yang disampaikan. Rata-rata nilai tersebut menunjukkan bahwa siswa anak petani tidak kalah dengan siswa anak guru. (3) Rata-rata nilai total dari empat mata pelajaran (PAI, Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA) siswa anak guru adalah 78,96; sedangkan nilai rata-rata dari siswa anak petani adalah 78,25. Hasil ini menunjukkan selisih sedikit sekali. Selanjutnya dari hasil perhitungan pada uji t (t-test) yang diambil dari hasil total nilai rata-rata dari empat mata pelajaran tersebut, diperoleh data thitung ¬< ttabel (0,395 < 2,021), yang berati H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, tidak ada perbandingan prestasi belajar siswa yang signifikan antara anak guru dan anak petani di SDN Butuh 1 Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 02:33
Last Modified: 25 Mar 2015 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item