PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

AMALIATUL MUKMILAH, 17201153058 (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung”, ini ditulis oleh Amaliatul Mukmilah , NIM 17201153058. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si., NIP.19800301 201430 1 001. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar. Penelitian ini dilator belakangi oleh sebuah fenomena sekarang ini bahwa dunia sekolah sangat berbeda dengan masa dulu. Sekarang siswa banyak yang berani melanggar peraturan sekolah dan membuat kegaduhan di dalam kelas. Mereka beralasan bahwa karena merasa tidak mampu dengan mata pelajaran yang diberikan dan menganggap belajar itu membosankan, salah satu pelajarannya yaitu fiqih. Selain itu, siswa mempunyai sikap acuh terhadap sekolah dan berpikir masa bodoh dengan dirinya sendiri. Semua sikap yang timbul pada siswa berpusat pada emosi yang ada pada mereka. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh antara kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajara siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajara siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung, yang terdiri dari 328 siswa. Dengan tehnik random sampling diperoleh dari sampel 82 siswa. Variabel bebas kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Variabel terikat: hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. Sumber data responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi, teknik analisis data: uji validitas, realibilitas, normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, multikolinieitas, regresi linier sederhana, dan regresi ganda. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan HI diterima, karena thitung 3.746 > nilai rtabel 1.990 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan H2 diterima, karena thitung 6.246 > nilai rtabel 1.990 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. 3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan H3 diterima, karena fhitung 19.303 > nilai ftabel 3.11 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153058 AMALIATUL MUKMILAH
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:59
Last Modified: 19 Sep 2019 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item