PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INQUIRY MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD/MI

ANGGA NURAUFA ZAMZAMI SAPUTRA, 17505164007 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS INQUIRY MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD/MI. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Inquiry Materi Penyajian Data Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SD/MI” ini ditulis oleh Angga Nuraufa Zamzami Saputra dengan dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd, dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Inquiry, Penyajian Data, Berpikir Kritis Kurikulum yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikan adalah kurikulum 2013. Berbeda dengan dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 dalam perencanaan implementasinya diharapkan dapat memberikan dukungan dengan menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa. Kenyataan dilapangan, dalam penerapan kurikulum yang berpusat di siswa ternyata belum sepenuhnya terlaksana, faktor metode dan sumber belajar yang diterapkan menjadi kunci permasalahan kurikulum yang berpusat pada siswa. Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry dalam meningkatkan berpikir kritis belum ditemukan di proses pembelajaran di sekolah-sekolah swasta maupun negeri. Pembelajaran dengan menggunakan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry materi penyajian data untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SD/MI diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi berupa output pendidikan yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan. Pengembangan bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan langkah penelitian dan pengembangan yaitu perencanaan, penyusunan bahan ajar LKS, uji validasi pakar, revisi produk, uji coba lapangan kecil, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi akhir produk. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana produk bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry?; (2) Bagaimana kepraktisan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika di MI Islam Purwokerto?; (3) Bagaimanan keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika di MI Islam Purwokerto?; (4) Bagaimana pengaruh pengembangan bahan ajar Lembar Siswa (LKS) yang berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi penyajian data matematika di MI Islam Purwokerto?. Tujuan dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Mengetahui produk bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry; (2) Mengetahui kepraktisan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry di MI Islam Purwokerto; (3) Mengetahui keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry di MI Islam Purwokerto; (4) Menghasilkan produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry dengan berpikir kritis yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MI Islam Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang digunakan meliputi: (1) Penelitian dan Pengembangan; (2) Perencanaan; (3) Penyusunan Bahan Ajar LKS; (4) Uji Validasi Pakar; (5) Revisi Produk; (6) Uji Coba Lapangan Kecil; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Lapangan; (9) Revisi Akhir Produk. Dalam penelitian ini, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) divalidasi xxi oleh 3 dosen ahli bidang matematika dan 1 guru mata pelajaran matematika kelas V. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket kuesioner, tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji homogenitas dan normalitas nilai matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk dengan angket respon guru dan siswa, sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan produk menggunakan uji t-test. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk bahan ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis inquiry materi penyajian data untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SD/MI; (2) Produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dihasilkan masuk kategori praktis berdasarkan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dengan persentase 95%, kegiatan pembelajaran siswa dengan persentase 87% serta angket respon guru dengan persentase 92,5% dan angket respon siswa dengan persentase 93%; (3) Produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dihasilkan masuk kategori efektif berdasarkan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dengan persentase 95%, kegiatan pembelajaran siswa dengan persentase 87% serta angket respon guru dengan persentase 92,5% dan angket respon siswa dengan persentase 93%; (4) Terdapat pengaruh penggunaan produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan berpiki kritis terhadap hasil belajar siswa kelas V yang diberi tindakan dengan proses pembelajaran menggunakan LKS. Ini terbukti dengan perbedaan nilai rata-rata hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen sebesar 87 sedangkan kelas kontrol sebesar 80.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2817123009 angga
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:02
Last Modified: 17 Sep 2019 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item