PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 NGLEGOK

NUHAN SAMUDRA HIDAYATULLOH, 17201153346 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 NGLEGOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuhan Samudra Hidayatulloh17201153346, 2019.Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar”,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbingDra. Hj. St. Noer Farida Laila,MA. Kata Kunci:Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Setiap siswa memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda, begitu juga dengan motivasi dan disiplin belajar yang dimiliki siswa ketika berada di dalam kelas maupun di luar . Sementara itu dalam lembaga pendidikan tingkat pencapain hasil belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru dalam hal pemahaman siswa terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok? (2) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru dalam hal melaksanakan pembelajaran yang dialogis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok? (3) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru dalam hal pemanfaatan teknologi pembelajaran siswa terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok? (4) Adakah pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Nglegok? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMK Negeri 1 Nglegok Blitar sebanyak 1162. Jumlah sampel 221 siswa. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dengan statistik uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI kelas X dan XI SMK Negeri 1 Nglegok dalam kategori sedang, dengan jumlah siswa 120 pada rata-rata interval 49,6 %. Peneliti mengansumsikan bahwa hasil belajar PAI berada pada kategori sedang. Hal ini dimungkinkan disebabkan oleh siswa yang masih belum bisa maksimal dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru pengampu mata pelajaran dan juga dimungkinkan karena siswa terpengaruh faktor-faktor lain seperti tingkat kecerdasan, sikap, minat, dan lingkungan belajar. Sehingga membuat siswa kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153346 NUHAN SAMUDRA HIDAYATULLOH
Date Deposited: 05 Sep 2019 07:46
Last Modified: 05 Sep 2019 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item