PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNGTAHUN AJARAN 2016/2017

ANIS MUTIFATUL FARIDA, 2811133034 (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNGTAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Aswaja Tungganggri Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Anis Mutifatul Farida, NIM. 2811133034. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag, NIP. 197505231 200604 1 002. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Fiqh. Latar Belakang: Metode merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh siswa tidak dapat dilepaskan dari efektifitas guru dalam memilih metode. Mata pelajaran fiqh adalah salah satu sub mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki karakteristik sebagai mata pelajaran praktek yang di dalamnya siswa dituntut untuk mampu melaksanakan tata cara ibadah dengan benar. Pembelajaran fiqh idealnya guru menggunakan metode demonstrasi, namun sayangnya masih ditemukan guru yang menggunakan metode konvensional dalam mengajarkan fiqh. Oleh karenanya, penulis akan melakukan penelitian untuk membuktikan pengaruh positif metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh. Rumusan Masalah: 1. Adakah pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017?. 2. Seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? 3. Bagaimana penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di Mts Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rancangan Penelitian: Kuantitatif dengan analisis rancangan korelasional. Populasi: Siswa kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 84 siswa. Sampling: Purposive Sampling (sampling bertujuan). Sampel: kelas VII C (eksperimen) dan VII D (control). Variabel bebas: pembelajaran fiqh dengan metode demonstrasi (X1), variabel terikat: hasil belajar fiqh (Y). Sumber data: responden, dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: 1. Teoritis: Metode deduktif 2. Empiris: Metode induktif melalui rumus korelasi product moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0 for windows. Hasil Penelitian: 1. Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. besarnya pengaruh pembelajaran menggunakan metode demonstrasi terhadap hasil Belajar fiqih siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Tulungagung adalah sebesar 21,52 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174012 ANIS MUTIFATUL FARIDA
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:14
Last Modified: 29 Aug 2019 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13221

Actions (login required)

View Item View Item