PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA MIN 9 BLITAR TAHUN 2019

AFIKA RIZQUNA FIRMANSYAH, 17205153150 (2019) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA MIN 9 BLITAR TAHUN 2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penerapan Media Audio Visual untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa MIN 9 Blitar Tahun 201 9” ini ditulis oleh Afika Rizquna Firmansyah dibimbing oleh Indah Komsiyah,M.Pd. Kata Kunci : Media Audio Visual, Motivasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang saat ini, khususnya perkembangannya pada lembaga sekolah tersebut, selain itu juga penggunaan media audio visual yang baru saja diterapkan dalam berbagai proses belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu untuk menumbuhkan suatu Motivasi Belajar mata pelajaran Fiqih dengan menerapkan media sebagai penunjangnya yaitu Media Audio Visual. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 9 Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses Penerapan Media Audio Visual untuk menumbuhkan Motivasi Belajar mapel Fiqih Pada Siswa MIN 9 Blitar? (2) Bagaimana tingkat Motivasi belajar siswa pada Mapel Fiqih dengan Penerapan Media Audio Visual di MIN 9 Blitar? (3) Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan Media Audio Visual untuk menumbuhkan Motivasi belajar pada siswa MIN 9 Blitar tahun 2019?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana proses Penerapan Media Audio Visual untuk menumbuhkan Motivasi Belajar mapel Fiqih Pada Siswa MIN 9 Blitar. (2) Untuk mengetahui Bagaimana tingkat Motivasi belajar siswa pada Mapel Fiqih dengan Penerapan Media Audio Visual. (3) Untuk mengetahui Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan Media Audio Visual untuk menumbuhkan Motivasi belajar pada siswa MIN 9 Blitar tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan Metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Untuk menumbuhkan Motivasi belajar siswa mengenai mata pelajaran Fiqih dengan media Audio Visual disusun dengan disusun dengan berbagai tahap pembelajaran yang berhubungan dengan penjelasan gambar dan suara. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Hasil penelitian, (1)proses penerapan media audio visual. Siswa diberi materi yang yang akan diajarkan dengan tampilan gambar diam dan bergerak yang disertai dengan Suara, dalam hal ini guru menjelaskan materi dengan gambar unik dan mengena dengan materi untuk sebagai cara motivasinya, dan pada tahap penguatan konsep siswa diberi dengan tugas yang juga ditampilkan dengan media tersebut. (2) tingkat motivasi belajar setelah menerapkan mediaaudio visual. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwasannya dari total 38 siswa dapat ditaksir 95 % siswa senang dan termotivasi dengan penerapan Media tersebut. (3) faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan media audio visual: sarana dan prasarana, peserta didik dan pendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153150 AFIKA RIZQUNA FIRMANSYAH
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:38
Last Modified: 20 Aug 2019 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item