ANALISIS LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR

FERENNITA HARIANTI, 17204153250 (2019) ANALISIS LEVEL BERPIKIR VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Ferennita Harianti, 17204153250, 2019. Analisis Level Berpikir Van Hiele dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Blitar. SKRIPSI Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Level Berpikir, Bangun Ruang Sisi Datar, Teori Van Hiele. Berpikir adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Setiap siswa mempunyai cara berpikir masing–masing. Setiap siswa juga memiliki perbedaan dalam memperoleh, menyimpan, dan menerapkan pengetahuan. Perbedaan ini menimbulkan beragamnya kemampuan belajar siswa atau perbedaan level berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya geometri. Berkenaan dengan konsep pemahaman siswa dalam materi Geometri, ada suatu teori yang berkaitan dengan pembelajaran geometri yaitu Teori van Hiele.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level berpikir siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan Teori Van Hiele Pada Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 2 Kota Blitar, sebagai sumber data 6 orang siswa yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah dari kelas VIII E MTsN 2 Kota Blitar. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data melalui triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan menggunakan bahan referensi. Level berpikir siswa kelas VIII E MTsN 2 Kota Blitar dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan indikator masing-masing tahap Teori Van Hiele dapat dilihat berdasarkan tahap berpikir Van Hiele Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu mencapai 3 tahap berpikir Van Hiele yaitu visualisasi, analisis dan deduksi informal, siswa berkemampuan sedang mampu mencapai 2 tahap berpikir Van Hiele yaitu visualisasi dan analisis, serta siswa berkemampuan rendah hanya mampu mencapai 1 tahap berpikir Van Hiele yaitu deduksi informal. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian selanjutnya untuk melakukan analisis level berpikir siswa dalan Teori Van Hiele agar dapat memberikan konstribusi bagi peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153250 FERENNITA HARIANTI
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:21
Last Modified: 14 Aug 2019 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item