PENGARUH METODE PROBING PROMTING LEARNING BEBASIS TEORI BRUNER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

AHMAD NUR KHOLIS, 17204153251 (2019) PENGARUH METODE PROBING PROMTING LEARNING BEBASIS TEORI BRUNER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB V .pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Probing-Prompting Learning berbasis Teori Brunner Terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Ahmad Nur Kholis, NIM 17204153251, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Probing-Prompting Learning, Teori Brunner, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dari siswa dalam proses belajar, terutama pelajaran Matematika, karena mayoritas dari mereka masih menganggap Matematika sebagai momok yang menakutkan. Padahal jika seorang pendidik mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan mampu membawa dunia anak didik ke dalam dunia kita, maka tidak ada lagi anggapan bahwa Matematika itu suatu momok yang menakutkan. Maka dari itu sebagai seorang pendidik harus memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidangnya, sehingga mampu merubah anggapan negatif siswa terhadap Matematika menjadi anggapan yang positif, salah satunya dengan cara merubah pola pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam hal ini, peneliti berusaha untuk menerapkan metode Probing-Prompting Learning berbasis teori Brunner dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika siswa pada materi garis dan sudut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Probing-Prompting Learning terhadap minat belajar matematika pada materi garis dan sudut matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk mengrtahui pengaruh metode Probing-Prompting Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (3) untuk mengetahui pengaruh metode probling promting learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dan VII C, adapun kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan (1) teknik tes, (2) teknik observasi, dan (3) teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas data hasil post-test dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen. Sehingga untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji-t disimpulkan untuk mengetahui minat belajar siswa bahwa t_(hitung) = 7,680 > t_(tabel) = 1,993 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu “Ada pengaruh metode Probing-Prompting Learning terhadap minat belajar matematika pada materi garis dan sudut matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019”. Untuk mengetahui hasil belajar siswa bahwa t_(hitung) = 14,526 > t_(tabel) = 1,993 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu “Ada pengaruh metode Probing-Prompting Learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019”. Untuk mengetahui minat dan hasil belajar matematika siswa bahwa t_(hitung) = 113,551 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu “Ada pengaruh metode Probing-Prompting Learning terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut matematika siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019”

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153251 Ahmad Nur Kholis
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:40
Last Modified: 12 Aug 2019 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item