ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI KELAS X IIS 3 MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR

SITA ROKHANA SARI, 17204153081 (2019) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI KELAS X IIS 3 MA MA'ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika Materi Fungsi Kelas X IIS 3 MA Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Sita Rokhana Sari, NIM 17204153081, dosen pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Soal Cerita, Kemampuan Matematika. Latar belakang penelitian dalam skripsi ini adalah masih banyaknya guru yang menekankan pemahaman tanpa memperhatikan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat saat siswa mengerjakan soal, mereka hanya berpatokan pada contoh yang diberikan guru. Kebanyakan siswa tidak mempunyai cara yang berbeda dari yang sudah diajarkan oleh guru, akibatnya tingkat kreativitas siswa tidak berkembang. Padahal tujuan pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan tingkat kreativitas siswa. Tingkat kreativitas sendiri dapat diketahui dan dikembangkan melalui pendekatakan penyelesaian masalah. Masalah yang digunakan berupa soal matematika non rutin atau kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi; 2) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi; dan 3) Untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal materi fungsi. Sehingga diperoleh gambaran secara singkat bagaimana berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data hasil tes dan wawancara. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan. Dalam penelitian ini, dipilih 6 siswa sebagai subyek penelitian. 2 siswa mewakili siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa mewakili siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa mewakili siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek penelitian ini didasarkan pada pertimbangan guru matematika yang mengajar siswa-siswa tersebut. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa: 1) hasil analisis jawaban tes soal matematika dan wawancara siswa berkemampuan matematika tinggi dari dua subjek yang diambil memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda. Subjek pertama mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Sedangkan subjek kedua hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu kefasihan dan fleksibilitas. 2) siswa berkemampuan matematika sedang dari dua subjek yang diambil memiliki kemampuan berpikir kreatif yang sama. Kedua subjek hanya mampu memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas, untuk indikator kebaruan tidak memenuhi. 3) siswa berkemampuan matematika rendah dari dua subjek yang diambil memiliki kemampuan berpikir kreatif yang sama. Kedua subjek kurang mampu memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 17204153081 Sita Rokhana Sari
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:44
Last Modified: 13 Apr 2020 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12842

Actions (login required)

View Item View Item