PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL

GESTIN DAMAYANTI, 17204153014 (2019) PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol” ditulis oleh Gestin Damayanti, NIM. 17204153014, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan Numerik, Visual-Spasial, Hasil Belajar Matematika Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah kecerdasan. Setiap siswa mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang paling baik. Menurut Gardner terdapat delapan jenis kecerdasan majemuk, diantaranya adalah kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial. Kecerdasan numerik berkaitan dengan menalar, berfikir logis, mengolah angka, kemampuan berhitung. Sedangkan kecerdasan visual-spasial berkaitan dengan pemahaman perspektif ruang dan dimensi. Sehingga keduanya sangat diperlukan dan akan mempengaruhi hasil belajar matematika yang diraih disekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematikas siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional, populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol yang telah disediakan oleh sekolah berjumlah 126 siswa, teknik samplingnya adalah simple random sampling, sampelnya siswa kelas VIII-F, metode pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan pada pengujian, diperoleh nilai (Sig). (0,002) < 0,05 dan thitung (3,303) > ttabel (2,042). 2) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan pada pengujian, diperoleh nilai (Sig). (0,002) < 0,05 dan thitung (3,371) > ttabel (2,042). 3) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan pengujian, diperoleh nilai (Sig). (0,002) > 0,05 dan thitung (8,064) > ttabel (3,32).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153014 Gestin Damayanti
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:25
Last Modified: 31 Mar 2020 00:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item View Item