Penerapan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung

Ika Sri, Rahayu (2012) Penerapan Metode Inquiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I REBES.docx

Download (47kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III Rebes.docx

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
bagian awal skripsi.docx

Download (117kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang Sains hanya bertumpu pada hafalan semata tanta adanya belajar yang bermakna. Siswa dapat mengetahui dengan hafalan bukan dengan pemahaman atas sesuatu yang mereka temukan sendiri dengan bimbingan guru atau lingkungan baik sekolah maupun rumah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah hasil belajar dengan mata pelajaran Sains siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Sains siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode inquiry pada pembelajaran Sains siswa kelas IV MI Tarbiaytussibyan Boyolangu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Sains siswa kelas IV MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode inquiry pada mata pelajaran Sains siswa kelas IV MI Tarbiyatussibya Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pemerolehan data yaitu metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Obsevasi, tes dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait tugas-tugas atau karya siswa serta hasil belajarnya . Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran dari guru dan siswa. Setelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan meggunakan metode inquiry akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains pada siswa kelas IV MI tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. Hasil hitung hasil belajar siswa pada tes awal nilai hasil belajar rata-ratanya adalah 43,75, setelah mendapat perlakuan yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata 71 dan persentase ketuntasan belajarnya 37,5% sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai siswa adalah 88,8 dan persentase ketuntasan belajarnya mencapai 100%, hal itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode inquiry.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 04:34
Last Modified: 11 Feb 2015 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1257

Actions (login required)

View Item View Item