ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG

HALIMATUS SA’DIAH, 17204153234 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Polya Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung” ditulis oleh Halimatus Sa’diah, NIM. 17204153234 Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Teori Polya, Aritmetika Sosial Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa masih belum optimal. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Di satu sisi menyelesaikan soal matematika sangat penting, namun di sisi lain siswa sering mengalami kesulitan dalam menyesaikan soal matematika. Rendahnya kemampuan menyelesaikan soal siswa di Indonesia dibuktikan oleh hasil tes yang dilakukan oleh dua studi internasional, Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2012 dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan teori Polya. 2) Untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal kemampuan menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial berdasarkan Polya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 02 Kauman Tulungagung. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-G sebanyak 32 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa kelas VII pada materi aretmatika sosial berdasarkan teori polya berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai berikut: a) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan semua tahapan-tahapan memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memerksa kembali. b) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan tahapan-tahapan memahami masalah, merencanakan masalah, dan melaksanakan masalah meskipun dalam perhitungan salah, tetapi tidak memeriksa kembali. c) Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa berkemampuan rendah mampu menyelesaikan tahapan-tahapan memahami masalah, tetapi tidak bisa membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. 2) Kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal kemampuan menyelesaikan soal matematika paling tinggi pada tahap memeriksa kembali (Looking a back) terjadi pada subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah sebagai berikut: a) siswa berkemampuan tinggi tidak melakukan pemeriksaan kembali tetapi menuliskan kesimpulan dengan benar, b) siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada soal nomor 2. b) siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada semua soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153234 HALIMATUS SA’DIAH
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:26
Last Modified: 29 Jul 2019 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12519

Actions (login required)

View Item View Item