PENGARUH MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG

INNAA ROFIQOTU IQLIMA, 17206153013 (2019) PENGARUH MUROTTAL AL-QUR'AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AN-NUR BUNGUR KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Murottal al-Qur'an terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A di TK Islam an-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung" ini ditulis oleh Innaa Rofiqotu Iqlima. NIM. 17206153013, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Dr. Fathul Mujib,M.Ag, NIP. 197505232006041002 Kata kunci: Murottal al-Qur'an, Kecerdasan Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh paradigma masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan adalah otak kiri (rasional) berseberangan dengan otak kanan (emosional). Hal ini membuat masyarakat lebih mengedepankan kecerdasan rasional dibandingkan kecerdasan emosional. Padahal keselarasan antara keduanya sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Dalam bidang pendidikan tanpa adanya keterlibatan emosi, maka kegiatan saraf otak akan kurang dari yang dibutuhkan untuk membuat anak mampu mengingat dan menerima pelajaran. Salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah mendengarkan murottal al-Qur'an. Masa usia dini merupakan masa golden age sehingga snagat tepat jika digunakan untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya, tak terkecuali dengan perkembangan kecerdasan emosionalnya. Maka dari itu, peneliti berinisiatif untuk meneliti tentang pengaruh murottal al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Islam an-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh murottal al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional anak. (2) Seberapa besar pengaruh murottal al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Islam an-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain penelitiannya adalah menggunakan Quasi Eksperimental Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Mann Whitney. Dari hasil analisis uji Mann Whitney diperoleh hasil sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara murottal al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Islam an-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung. Adapun besarnya pengaruh murottal al-Qur'an terhadap kecerdasan emosional anak kelompok A di TK Islam an-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung adalah sebesar 56% atau bersifat sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153013 Innaa Rofiqotu Iqlima
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:09
Last Modified: 31 Mar 2020 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item View Item