IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI ANNUBAN PATTHANASAT SCHOOL PATTANI THAILAND

ELFARA HAJJAR SUJANI, 17206153003 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI ANNUBAN PATTHANASAT SCHOOL PATTANI THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

ABSTRAK Elfara Hajjar Sujani, NIM 17206153003. Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Annuban Patthanasat School Pattani Thailand,” dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini Perilaku yang sulit diatur, cenderung individual, tidak sabar, serta maraknya perbuatan yang melanggar norma agama dan masyarakat menunjukkan terjadinya krisis moral. Berbagai macam cara dilakukan untuk menekan perilaku-perilaku yang tidak baik serta melanggar norma agama dan masyarakat tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan menekankan pendidikan karakter pada setiap materi pembelajaran di setiap jenjang pendidikan tak terkecuali pendidikan anak usia dini atau annuban. Annuban Patthanasat School Pattani Thailand merupakan salah satu lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang tidak hanya memberikan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan anak secara akademis namun juga mendidik anak untuk menjadi insan yang memiliki perangai yang baik melalui pendidikan karakter. Tidak berhenti di sekolah saja, pendidik juga bekerjasama dengan orangtua atau wali murid agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Fokus yang ditelaah dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand dengan pertanyaan fokus, yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand? (3) Bagaimana implikasi dari implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter yang dilakukan di annuban Patthanasat School Pattani Thailand, mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dari implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand dan untuk mengetahui bagaimana hasil yang diperoleh dari implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di annuban Patthanasat School Pattani Thailand. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi guru kelas, kepala yayasan, anak didik serta orangtua atau wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, penyajian data mentah, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, verifikasi data serta simpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi data, auditing, serta diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter di annuban Patthanasat School Pattani Thailand dilakukan dengan berbagai macam metode, yaitu metode berkisah, ceramah, pembiasaan, tanya jawab, nasihat dan karya wisata. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di annuban Patthanasat School Pattani Thailand ini terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. (3) Implikasi dari implementasi pendidikan karakter di annuban Patthanasat School Pattani Thailand menunjukkan hasil yang baik, diantaranya adalah anak senantiasa menerapkan nilai-nilai karakter di manapun anak berada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153003 ELFARA HAJJAR SUJANI
Date Deposited: 25 Jul 2019 06:50
Last Modified: 25 Jul 2019 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12423

Actions (login required)

View Item View Item