KARAKTERISTIK BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI IPA MA NURUL MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FEBRI DWI CAHYO PURNOMO, 17204153147 (2019) KARAKTERISTIK BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI IPA MA NURUL MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (550kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Karakteristik Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Siswa Kelas XI IPA MA Nurul Ulum Munjungan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2018/2019” yang ditulis oleh Febri Dwi Cahyo Purnomo ini dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: berfikir kreatif, Program linear Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas siswa dalam belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. Kreativitas tidak lepas dari cara berpikir, sehingga cara berpikir dapat menunjukkan tingkat kreativitas seseorang. Cara berpikir siswa pada mata pelajaran matematika, salah satunya dapat ditunjukkan dari kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Oleh karena itu untuk mengetahui gambaran berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dilakukan penelitian berkaitan dengan karakteristik berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA MA Nurul Ulum Munjungan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kefasihan siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal program linear, (2). Untuk mendeskripsikan fleksibilitas siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal program linear, (3) Untuk mendeskripsikan kebaruan siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal program linear, (4) Untuk mendeskripsikan karakteristik tingkat berpikir kreatif siswa kelas XI IPA dalam menyelesaikan soal program linear. Penelitian ini bermanfaat bagi madrasah yaitu MA Nurul Ulum Munjungan yang dapat dijadikan untuk menambah wawasan dalam rangka mempersiapkan kurikulum dan pembelajaran matematika dengan memperhatikan cara berpikir kreatif dalam belajar khususnya dalam menyelesaikan masalah matematika. Dan dapat dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi lain bagi peneliti lain. Pola dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika. Sedangkan wawancara dilaksanakan untuk mengetahui penjelasan dari siswa berdasarkan hasil tes, yaitu bagaimana siswa dapat mengerjakan soal sesuai dengan jawaban mereka masing-masing. Sehingga data hasil tes dan wawancara dianalisa untuk menentukan tingkat berpikir kreatif siswa. Sedangkan dokumentasi, berupa foto-foto saat pelaksanaan penelitian untuk memperkuat data hasil dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Semua subjek mampu menunjukkan indikator kefasihan dalam menyelesaikan soal preogram linear, (2) Fleksiobilitas siswa berbeda-beda, berdasarkan penelitian ada dua subjek yang mampu menunjukkan fleksibilitas, (3) Tidak ada satu pun subjek yang mampu menunjukkan indikator kebaruan, (4) Karakteristik tingkat kreatifitas siswa berbeda, sesuai dengan tingkat kemampuan berfikir mereka masing-masing. Pada penelitian ini karakteristik tingkat kemampuan berpikir kreatif tertinggi dari beberapa siswa mencapai tingkat 3 (kreatif) yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Karakteristik terendah pada penelitian ini adalah pada kemampuan tingkat 1 (kurang kreatif) mampu menyelesaikan masalah matematika dengan fasih. Tetapi tidak mampu menunjukkan cara lain atau yang beragam dalam menyelesaikan masalah matematika (fleksibel) hanya terpaku pada satu cara penyelesaian saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 172041531 47 FEBRI DWI CAHYO PURNOMO
Date Deposited: 23 Jul 2019 04:36
Last Modified: 23 Jul 2019 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item