Korelasi antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas X-Global MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012

Aning Majidatul, Wahidah, (2012) Korelasi antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas X-Global MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover new.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN AKHIR.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran awal.pdf

Download (362kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Korelasi, Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Prestasi Belajar, Matematika Skripsi dengn judul “Korelasi Antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas X-Global MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2011-2012” yang ditulis oleh Aning Majidatul Wahidah ini dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh, M. Kes. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang suatu mata pelajaran khususnya matematika dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam mengkonstruksi pola pikirnya atau kecerdasan intelegensinya dan juga kecerdasan emosinya. Dalam hal ini Peneliti mengkorelasikan antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika pada kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini antara lain: (1) Apakah ada korelasi positif Kecerdasan Intelegensi (IQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012? (2) Apakah ada korelasi positif Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012? (3) Apakah ada korelasi positif antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012?. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi korelasi positif Kecerdasan Intelegensi (IQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012, (2) Untuk mengidentifikasi korelasi positif Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012, (3) Untuk mengidentifikasi korelasi positif antara Kecerdasan Intelegensi (IQ) dan Kcerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X-Global MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2011-2012. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi pengajar. Bagi MAN 2 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan xiii peningkatan mutu pengajaran, baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini ada sebanyak 110 siswa dan 84 siswa sebagai sampel berdasarkan purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, interview dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang Kecerdasan Emosional (EQ). Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk mendapatkan data tentang Kecerdasan Intelektual (IQ) dan data berupa prestasi belajar matematika. Dan metode interview ini digunakan untuk menggali data terkait dengan populasi, sampel penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus “ Korelasi Product Moment, Multiple Korelasi dan Koefisien Korelasi”. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara Kecerdasan Intelektual (IQ) dan Kecerdasan Emosional (EQ) dengan prestasi belajar matematika siswa. Hasil analisis yang diperoleh ternyata . Dengan demikian, menerima dan menolak . Jadi koefisien korelasi dari hasil uji signifikansi tersebut bisa dinyatakan tidak signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:16
Last Modified: 11 Feb 2015 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item