Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung

Azizah, Hidayatul (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Azizah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make a Match Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits hasil belajar siswa relatif rendah dikarenakan sebagian siswa menganggap bahwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah mata pelajaran yang kurang menarik. Selain itu, penggunaan metode yang monoton juga berpengaruh besar terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang kemudian dapat menjadikan hasil belajar siswa relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pada materi bacaan mad. Proses pembelajaran menggunakan model make a match ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Bagaimana proses penerapan model make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan bacaan mad kelas III di MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung?, 2). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bagi siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan proses penerapan model make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pokok bahasan bacaan mad siswa kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung, 2). Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model make a match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits bagi siswa kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas III pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi bacaan mad. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Analisis data yang xvi digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Langkah-langkah penerapan model make a match meliputi: 1). Peneliti menyiapkan kartu-kartu yang berisi soal dan jawaban, 2). Peneliti membagi kartu soal dan jawaban pada masing-masing siswa secara acak, 3). Siswa diberi kesempatan untuk memikirkan soal dan jawaban yang dipegang, 4). Siswa mencari pasangan dari kartu yang dipegang, 5). Siswa yang sudah menemukan pasangan dimohon maju di depan kelas kemudian secara bergantian siswa membacakan jawaban masing-masing selanjutnya menempelkannya dipapan tulis, 6). Untuk mengecek pemahaman siswa, peneliti melakukan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan model make a match menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai pre test, post tes siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata presentase siswa 41,66% (pre test), meningkat menjadi 66,66% (post tes siklus I), dan meningkat lagi menjadi 83,33% (post tes siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas III MI Miftahul Ulum Rejosari Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Oct 2014 07:13
Last Modified: 30 Oct 2014 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item