rendahnya kemampuan siswa dalam aspek pemecahan masalah yang diakibatkan karena belum aktifnya siswa di dalam kegiatan pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru

sugeng, santoso (2012) rendahnya kemampuan siswa dalam aspek pemecahan masalah yang diakibatkan karena belum aktifnya siswa di dalam kegiatan pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER - Abstrak.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (767kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (356kB)
[img] Text
sampul.rtf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (1MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan siswa dalam aspek pemecahan masalah yang diakibatkan karena belum aktifnya siswa di dalam kegiatan pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru. Salah satu yang ditempuh dengan mengupayakan suatu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa pada aspek pemecahan masalah yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatife Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII MTs N Tulungagung tahun ajaran 2011/2012; 2) Berapa besar pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperatife Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII MTs N Tulungagung tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling, karena populasi homogen. Terpilih siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis independent sample t-test. Teknik analisis independent sample t-test digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat bagi siswa kelas VII MTS Negeri Tulungagung dengan nilai thitung = 6,160 dan 6,160 > ttabel = 2,000 (5%), (2) Besarnya pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII MTS Negeri Tulungagung sebesar 13,65%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:22
Last Modified: 10 Feb 2015 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item