PENGEMBANGAN BUKU POP UP SCIENCE UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK A DI RA KUSUMA MULIA PAKIS KEDIRI

AGUS DIANTI, 1726143001 (2019) PENGEMBANGAN BUKU POP UP SCIENCE UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK A DI RA KUSUMA MULIA PAKIS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
a.cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
c. Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d. Bab I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. Bab II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. Bab III.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
g. Bab IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
h. Bab V.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Buku Pop Up Science untuk Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok A di RA Kusuma Mulia Pakis Kediri” ini ditulis oleh Agus Dianti, NIM 1726143001. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2019. Dosen pembimbing M. Ridho Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci : Pengembangan Buku Pop Up Science, Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok A Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah RA Kusuma Mulia Pakis Kediri. Khususnya anak kelompok A, dimana usia anak tersebut masih minim dengan pengetahuan dan perlunya pengenalan-pengenalan agar berkembang kemampuan kognitifnya. Media yang digunakan untuk pembelajaran masih berupa LKA. Untuk pembelajaran dikelas, masih menggunakan metode konfensional. Seperti halnya metode menghafal, hanya mengulang-ulang kalimat sehingga materi kurang mengena pada anak. Anak juga mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana media buku pop up science dikembangkan? (2) Bagaimana kemampuan berpikir logis anak dengan menggunakan media buku pop up science? Tujuan dalam penelitian ini adalah agar peserta didik kelompok A di RA Kususma Mulia Pakis Kediri pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan buku Pop up Science melalui media tersebut dapat memberikan hasil pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Research and Development. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, proses pemilihan transformasi data, dan menarik kesimpulan. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang konkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilakukan di RA Kusuma Mulia Pakis Kediri. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : kualitas media Buku Pop Up Science yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari ahli materi tidak ada revisi, sedangkan dari ahli media sempat dua kali revisi namun sudah diperbaiki. Kemampuan berpikir logis anak berkembang setelah belajar menggunakan media. Hasilnya memuaskan, materinya mengena dan pembelajaran berlangsung menyenangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143001 AGUS DIANTI
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:06
Last Modified: 26 Mar 2020 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12077

Actions (login required)

View Item View Item