PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

Putri Ayu Maulidyah, 12505174037 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Media Teka-Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Putri Ayu Maulidyah, NIM. 12505174037 dengan Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. H. Asrop Syafi’i, M. Ag. Kata Kunci: Pengembangan Media, Teka-Teki Silang, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan di tingkat SD/MI. Media pembelajaran memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Kehadiran media dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Selama ini, media yang sering digunakan adalah berupa gambar atau poster yang cukup mudah didapatkan. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berupa teka-teki silang sebagai variasi media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media teka-teki silang dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Wahid Hasyim Bakung? (2) Bagaimana kelayakan penggunaan media teka-teki silang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah media teka-teki silang diterapkan pada mata pelajaran IPA di MI Wahid Hasyim Bakung? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Borg and Gall. Peneliti mencukupkan langkah penelitian ini sampai pada tahap ke tujuh. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada peserta didik kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung. Produk yang dikembangkan adalah teka-teki silang yang akan diuji kelayakannya dengan instrumen angket ahli media dan ahli materi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah uji-t dengan bantuan software SPSS for windows versi 20. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media teka-teki silang dimulai dengan menentukan mata pelajaran serta materi yang akan digunakan. Selanjutnya, kompetensi dasar dijabarkan menjadi indikator yang nantinya akan dijadikan acuan dalam membuat pertanyaan pada permainan teka-teki silang. Jawaban dari pertanyaan tersebut kemudian diatur sedemikian rupa agar saling berkaitan satu sama lain. Untuk mempermudah proses penyusunan teka-teki silang, peneliti menggunakan Ms. Excel. Selanjutnya, peneliti menambahkan gambar-gambar yang disesuaikan dengan materi ajar. (2) Media teka-teki silang ini layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli media dan materi. (3) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa teka-teki silang dengan kelas kontrol yang melakukan pengajaran tanpa menggunakan media pembelajaran teka-teki silang. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang didapat dari hasil uji-t adalah 0,001 < 0,05. Artinya, penerapan media teka-teki silang memberikan perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174037 Putri Ayu Maulidyah
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:39
Last Modified: 14 Aug 2019 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item