Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segi Empat dan Segi Tiga di MTs Negeri Pucanglaban

Ahmad Nasriful, Mustofa (2012) Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Segi Empat dan Segi Tiga di MTs Negeri Pucanglaban. [ Skripsi ]

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (167kB)
[img] Text
BAB III_edit.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Quantum Teaching, Prestasi Belajar Matematika pokok bahasan Segi Empat dan Segi Tiga Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa disekolah yang membuat tingkat ketuntasan belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga proses pembelajarannya kurang menarik, akhirnya siswa merasa bosan. Salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B MTs Negeri Pucanglaban Tulungagung. Rumusan masalah (1) Bagaimana proses pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban? (2) Adakah pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban? Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian eksperimen ini adalah (1) Tes, (2) Wawancara, (3) Observasi, (4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji t atau T tes manual. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MTs Negeri Pucanglaban Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Hasil penelitian penerapan pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII B pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban sangat membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Karena dengan adanya penerapan pembelajaran Quantum Teaching ini, siswa mendapatkan kebebasan dan dalam proses pembelajaran tercipta suasana yang menyenangkan yang dapat membuat siswa bergairah untuk belajar. Sehingga mampu membuat pelajaran matematika, khususnya materi segiempat dan segitigayang dianggap sulit dan menakutkan menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta mampu dengan mudah diterima siswa. Sehingga ada pengaruh penerapan pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII pada pokok bahasan segi empat dan segi tiga di MTs Negeri Pucanglaban, yaitu berdasarkan hasil analisa data terdapat perbedaan nilai rata-rata antara tes awal (sebelum diberikan perlakuan) dan tes akhir (sesudah diberikan perlakuan). Nilai rata-rata prestasi belajar matematika sebelum perlakuan (pre test) siswa sebesar 70,4 dan sesudah perlakuan (post test) sebesar 78,4. Disamping itu, sesuai dengan perhitungan yang menggunakan uji t manual hasil perhitungan data menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t table baik pada taraf 5% maupun 1% yaitu 2,06 < 3,289 > 2,80. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 07:30
Last Modified: 10 Feb 2015 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item