STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

EFFI SHOFIANA, 17207153016 (2019) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Effi Shofiana, NIM: 17207153016.2019. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MTsN 2 Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Mutu Lulusan Peningkatan mutu pendidikan dilihat dari berbagai aspek, salah satunya mutu lulusan. Lembaga pendidikan harus memberikan pelayanan pendidikan yang baik agar motivasi belajar peserta didik meningkat dan akhirnya mutu pendidikan juga meningkat. dalam rangka meningkatkan mutu tersebut, ada beberapa strategi yang harus dilakukan oleh kepala madrasah sebagai manger lembaga pendidikan. Dalam hal ini, peneliti mengambil salah satu lembaga pendidikan Islam yakni MTsN 2 Tulungagung sebagai objek penelitian. Madrasah ini memiliki siswa yang banyak, siswa yang memiliki kualitas yang unggul dalam prestasi akademik dan nonakademik. dengan strategi yang dimiliki kepala madrasah dari tahun ketahun output yang di hasilkan meningkat prestasinya. Hal inilah yang membuat peneliti merasa tertarik untuk menelitinya. Fokus penelitian ini adalah (1) formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTsN 2 Tulungagung, (2) pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTsN 2 Tulungagung, (3) evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MTsN 2 Tulungagung, jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Formulasi strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan dengan menggunakan analis lingkungan internal dan eksternal yang menggambarkan mengenai kelemahan dan kekuatan lembaga. Strategi yang di gunakan dalam penelitian ini strategi integrasi meliputi meningkatkan program sumber daya guru dilaksanakan melalui workshop, diklat dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). dan proses PPDB dan program kurikulum. (2) Pelaksaan Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan meliputi kepala sekolah menentukan tim atau coordinator setiap program agar program tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang diinginkan. program unggulan yang dimiliki oleh MTsN 2 Tulungagung yaitu program kurikulum, pengembangan siswa adalah memberikan jam tambahan khusus untuk kelas 9 dimana untuk meningkatkan kompetensi siswa dan memepersiapkan untuk UN agar nantinya lulus dengan nilai yang memuaskan dan lulus seluruhnya. (3) Evaluasi Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan meliputi: dengan melakukan pengawasan langsung yang dilakukan dengan mengamati setiap program kegiatan yang dilakukan kepala sekolah langsung ataupun koordinator masing-masing program. selanjutnya melakukan rapat kerja yang dilakukan setiap akhir semester dan akhir tahun dimana mengetahui hasil setiap program yang sudah terlaksana, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa evaluasi melalui PH, UTS, UAS, PAT, TOBK,TOKP.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207153016 EFFI SHOFIANA
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:33
Last Modified: 01 Jul 2019 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item