PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG

NEVY AYU KARTIKASARI, 17204153245 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (312kB)

Abstract

Abstrak Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nevy Ayu Kartikasari, NIM. 17204153245, Pembimbing Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Fenomena adanya asumsi negative yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika.Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi, sehingga nilai akhir yang diraih kurang memuaskan.Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat.Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi siswa, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, dan dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung yang berjumlah 346 siswa.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (3) Ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153245 NEVY AYU KARTIKASARI
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:27
Last Modified: 26 Jun 2019 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11731

Actions (login required)

View Item View Item