PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LUTFI NASIKHA, 17204153228 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MTs DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Nasikha, NIM. 17204153228, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Treffinger, Hasil Belajar, Minat Siswa, Kubus dan Balok Matematika adalah pelajaran yang sulit, membosankan, dan ditakuti menurut kebanyakan orang. Dampak yang diakibatkan oleh persepsi tersebut adalah kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang mampu memberikan kebebasan untuk mengembangkan kreatifitas dalam memecahkan permasalahan serta menumbuhkan minat siswa. Pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga. Model pembelajaran treffinger merupakan salah satu model yang menangani masalah kreativitas secara langsung dan mengutamakan segi proses. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap hasil belajar pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap minat siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dalam mengambil sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelaran treffinger dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t-test diperoleh (2,107 1,680) pada taraf signifikansi 0,05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap hasil belajar dengan hasil uji t-test diperoleh (2,851 1,680) pada taraf signifikansi 0,05 (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbasis alat peraga terhadap hasil belajar dan minat siswa dengan hasil uji MANOVA diperoleh nilai hasil belajar = 1,073 dan minat sebesar 1,649 pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153228 LUTFI NASIKHA
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:39
Last Modified: 26 Jun 2019 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item