PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION (AIR) BERBASIS ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALOK) KELAS VIII MTsN 7 BLITAR

DEWI RETNO SARI, 17204153100 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION (AIR) BERBASIS ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALOK) KELAS VIII MTsN 7 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis Alat Peraga Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII MTsN 7 Blitar” ini ditulis oleh Dewi Retno Sari, NIM. 17204153100, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis Alat Peraga Puzzle, minat belajar, hasil belajar Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit, sehingga kurang diminati oleh siswa dan berimbas pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu penggunaan model pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle dianggap mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar; (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar; (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Blitar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 4 dan VIII 5. Teknik mengumpulkan data menggunakan metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,018; (2) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,001; (3) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji manova diperoleh nilai signifikansi 0,003.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153100 DEWI RETNO SARI
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:35
Last Modified: 26 Jun 2019 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item