PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRAS KEDIRI

SITI SOLEHAH, 17204153133 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri” ini ditulis oleh Siti Solehah (17204153133), Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan siswa kurang tertarik dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara model pembelajaran treffinger dengan minat dan hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Kras Kediri. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap minat belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri dan (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data berupa: (1) Angket (2) Tes (3) Observasi (4) Dokumentasi. Dari data yang diperoleh dilakukan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis berupa uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap minat belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri, ditunjukkan dari diperolehnya nilai signifikan 0,003 dengan taraf signifikansi 5% (2) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri, ditunjukkan dari diperolehnya nilai signifikan 0,047 dengan taraf signifikansi 5% dan (3) Ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Kras Kediri, ditunjukkan dari diperolehnya nilai signifikan 0,010 dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153133 SITI SOLEHAH
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:21
Last Modified: 25 Jun 2019 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item