HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

FADILA ALFI'A NUR ROHMAH, 17204153057 (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Fadila Alfi’a Nur Rohmah, NIM. 17204153057. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M. Pd, NIP. 19770412200912001. Kata Kunci: Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning), Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena rendahnya hasil belajar dan kemandirian belajar (self regulated learning) siswa pada mata pelajaran matematika. Ada banyak faktor yang diindikasikan saling berhubungan dan mempengaruhi hasil belajar matematika, salah satu diantaranya adalah kemandirian belajar (self regulated learning). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya hubungan kemandirian belajar (self regulated learning) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. (2) Besarnya hubungan kemandirian belajar (self regulated learning) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar (self regulated learning) dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar (self regulated learning) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,699 sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,355. rhitung 0699 > rtabel 0,355. (2) Besarnya hubungan yang terjadi dalam penelitian ini yaitu 48,7% dan termasuk dalam kategori cukup kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153057 Fadila Alfia Nur Rohmah
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:04
Last Modified: 26 Jun 2019 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item