PERAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPNU-IPPNU) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PELAJAR DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK

AHMAD MA’RUF, 17201153476 (2019) PERAN ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPNU-IPPNU) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PELAJAR DI KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) dalam Mengembangkan Karakter Religius Pelajar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Ahmad Ma’ruf, NIM. 17201153476, pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Peran, IPNU-IPPNU, Karakter Religius Konteks penelitian: Di era globalisasi ini tengah terjadi krisis multidimensional dalam segala aspek kehidupan di tengah-tengah masyarakat kita. Kemajuan ilmu tekhnologi dan seni tidak diimbangi dengan kebudayaan dan peradaban yang pantas dan berkualitas, sehingga ilmu dan teknologi tersebut hanya melahirkan manusia-manusia yang kurang beradab. Keadaan tersebut mendorong lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberi pengetahuan, keterampilan dan mengembangkannya baik melalui pendidikan formal maupun nonformal. Salah satu pendidikan non formal itu adalah melalui organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU). Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) dalam mengembangkan karakter religius pelajar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana hambatan organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) dalam mengembangkan karakter religius pelajar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana dampak organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) terhadap karakter religius pelajar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian study kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan mencangkup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) sangat penting dalam mengembangkan karakter religius pelajar di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, karena kegiatannya bersifat religius atau keagamaan. Selain itu juga sebagai garda terdepan kaderisasi NU dan merupakan salah satu badan otonom di NU. Kemudian anggota IPNU-IPPNU juga sebagai pelopor generasi muda dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan dan sebagai uswatun hasanah (suri tauladan yang baik) bagi pelajar yang lain. IPNU-IPPNU juga sebagai sarana untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja yang sering terjadi di Kecamatan Panggul. Semua itu tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti rutinan, tahlilan, manaqiban, sholawatan, ziaroh maqam, do’a bersama, peringatan isro’ mi’roj, penggalangan dana korban bencana dan lain-lain

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153476 AHMAD MA’RUF
Date Deposited: 14 May 2019 01:19
Last Modified: 14 May 2019 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item