IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KEDAWUNG MOJO KEDIRI

Siti Halimah Assa’diyah, 17402153185 (2019) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL DI KEDAWUNG MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional di Kedawung Mojo Kediri“ ini ditulis oleh Siti Halimah Asa’diyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Dede Nurohman, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam. Prinsip pengetahuan akan etika bisnis Islam mutlak harus dimiliki oleh setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi baik itu seorang pebisnis atau pedagang yang melakukan aktivitas ekonomi. Menurut penelitian semesntara peneliti melihat secara langsung beberapa pedagang di pasar tradisional desa Kedawung melakukan perdagangan dengan cara tidak jujur seperti menyembuyikan barang yang buruk dibawah barang yang baik dengan memberikan harga yang lebih murah tanpa diketahui oleh pembeli bahwa terdapat barang yang berkualitas buruk, banyak para penjual yang membeli atau memasok dari pedagang lain sebelum sampai di pasar untuk mengetahui harga pasar agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar, ada yang menakar tidak sesuai secara umumnya dalam menakar dengan menambahkan suatu benda pada timbangannya, sistem permainan harga pasar tradisional desa Kedawung bergerak secara alami yaitu sesuai dengan permintaan dan penawaran barang. Fokus Penelitian yang dikemukakan sebagai berikut: 1)Bagaimana Pemahaman Etika Bisnis Islam para pedagang pasar tradisional di Kedawung Mojo Kediri ? 2) Bagaimana Implementasi Etika Bisnis Islam pada perilaku pedagang pasar tradisional di Kedawung Mojo Kediri? Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara (interview), dokumentasi, observasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) display data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah Pemahaman Etika Bisnis Islam para pedagang pasar tradisional di Kedawung Mojo Kediri:a) Pedagang tradisional di pasar Kedawung Mojo Kediri dalam menjalankan aktivitas bisnis telah memahami etika bisnis Islam. 2.Implementasi pada perilaku pedagang pasar tradisional di Kedawung Mojo Kediri meneladani lima prinsip dalam Etika Binsis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan,kehendak bebas,tanggung jawab dan ihsan, bentuk perilakunya yaitu berupa pelayanan yang ramah,sopan kepada pembeli, bermurah hati, jujur dan adil dalam takaran, menjual barang yang baik mutunya, menetapkan harga dengan seimbang, keyakinan bahwa Allah lah pengatur rezeki. Kata Kunci: Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153185 Siti Halimah Assa’diyah
Date Deposited: 14 May 2019 01:22
Last Modified: 14 May 2019 01:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item