PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI AL-HIDAYAH II BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MUFIDATUL KHUSNA, 17205153283 (2019) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI AL-HIDAYAH II BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Al-Hidayah II Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Mufidatul Khusna, NIM. 17205153283, pembimbing Abdul Aziz Faradi, M. Hum. Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya motivasi orang tua yang sangat berpengaruh terhadap sikap dan hasil belajar siswa, selain itu motivasi orang tua juga menentukan kedisiplinan siswa dalam belajar di rumah maupun di sekolah. Oleh sebab itu perlu adanya dorongan untuk mencapai hasil yang maksimal dengan diikuti sikap disiplin dalam berperilaku. Pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar baik akademik (tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan dan bersikap ramai sendiri) maupun non akademik (dapat diukur dengan sopan-santun, disiplin, rajin). Peserta didik yang disiplin cenderung mendapatkan nilai yang lebih bagus daripada peserta didik yang tidak disiplin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; (1) Adakah pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa MI Betak II Kalidawir Tulungagung? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa MI Betak II Kalidawir Tulungagung? (3) Adakah pengaruh motivasi orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa MI Betak II Kalidawir Tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena untuk mengetahui pengaruh motivasi orang tua dan kedisiplinan belajar siswa terhadap variabel hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI sejumlah 52 siswa. Data motivasi orang tua dan kedisiplinan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan empat pilihan. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari uji persyaratan. Sedangkan data hasil belajar siswa diambil dari nilai ulangan semester gasal. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa, kedua ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa, dan ketiga ada pengaruh motivasi orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova motivasi orang tua (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar thitung > ttabel yaitu -3,238 < 2.010 dan Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 (dengan taraf 5%). 2) Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova kedisiplinan belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar thitung > ttabel yaitu 5,074 > 2.010 dan Sig < 0,05 yaitu 0 < 0,05 (dengan taraf 5%). 3) Ada pengaruh motivasi orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Anova motivasi orang tua (X1) dan kedisiplinan belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh dari hasil uji univariate analysis of variance sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 15,603 > 3,19 dan Sig < 0,05 yaitu .000a < 0,05 (dengan taraf 5%). Kesimpulannya bahwa semakin tinggi tingkat motivasi dan kedisiplinan siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kesejahteraan Sosial
Pendidikan Islam
Psikologi
Sosiologi Pendidikan Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153283 MUFIDATUL KHUSNA
Date Deposited: 13 May 2019 02:35
Last Modified: 03 Apr 2020 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item