PENGARUH STRATEGI MNEMONIC TERHADAP KECEPATAN WAKTU MENGHAFAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

KHUZAIMA NUR AIDHA, 17201153503 (2019) PENGARUH STRATEGI MNEMONIC TERHADAP KECEPATAN WAKTU MENGHAFAL DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh strategi mnemonic terhadap kecepatan waktu menghafal dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Khuzaima Nur Aidha, NIM. 17201153503, pembimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : mnemonic, kecepatan waktu menghafal, dan hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelajar yang mudah lupa dengan materi pelajaran. Terutama materi fiqh yang mengharuskan siswa untuk menghafal, atau mereview kembali materi pelajaran yang sudah diajarkan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan strategi mnemonic. Penggunaan strategi mnemonic ini dalam proses pembelajaran dapat membantu menyingkat nama-nama atau istilah untuk mempermudah seseorang dalam memanggil informasi yang dibutuhkan. Sehingga dalam pembelajaran fiqh kecepatan waktu menghafal dan hasil beajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi mnemonic terhadap kecepatan waktu menghafal siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN 1 Trenggalek, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN 1 Trenggalek, 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi mnemonic terhadap kecepatan waktu menghafal dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek yang berjumlah 407 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas XI IIK-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS-2 sebagai kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji manova. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data kecepatan waktu menghafal dan hasil belajar siswa. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa informasi mengenai prosedur pembelajaran fiqh kelas XI MAN 1 Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi mnemonic tidak berpengaruh terhadap kecepatan waktu menghafal siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan strategi menmonic menghasilkan rata-rata peningkatan (gain) kecepatan waktu menghafal 10.44 menit > 9.51 menit pembelajaran konvensional. Meskipun nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, namun selisih nilai rata-rata dari keduanya masih relatif sama, sehingga dianggap tidaklah signifikan dan tidak ada perbedaan. Hasil tersebut diperkuat dengan uji t bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,353 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. (2) Strategi mnemonic berpengaruh xviii secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pembelajaran dengan strategi menmonic menghasilkan rata-rata peningkatan (gain) hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 8,14 > -4,34. Terdapat selisih yang cukup besar sehingga terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Hasil tersebut diperkuat dengan uji t bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Strategi mnemonic berpengaruh terhadap kecepatan waktu menghafal dan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada uji F untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, dan Roy’s Largest Root memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari . Berdasarkan hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, dan Roy’s Largest Root signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153503 Khuzaima Nur Aidha
Date Deposited: 10 May 2019 03:08
Last Modified: 02 Apr 2020 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item