STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN ROTI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus CV. Surya Food Indonesia Lingkungan PurworejoKelurahan Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar)

Anis Fitri Dzakiyah, 17101153008 (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN ROTI DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus CV. Surya Food Indonesia Lingkungan PurworejoKelurahan Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (777kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Roti Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo Kelurahan Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar)” yang ditulis oleh Anis Fitri Dzakiyah, NIM. 17101153008, pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Etika Bisnis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah bahwa kondisi hasil penjualan produk yang dihasilkan oleh CV Surya Food IndonesiaLingkungan Purworejo Kelurahan Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar mengalami ketidakstabilan karena banyak sekali pesaing-pesaing dari perusahan roti lain dan persaingan harga juga semakin ketat. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan hasil penjualan adalah dengan menggunakan strategi pemasaran, dengan diterapkannya strategi pemasaran pada suatu perusahaan maka usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan efektif. Strategi pemasaran yang diterapkan dengan cara melakukan pembuatan produk, melakukan promosi yang bisa membujuk dan memberikan kepuasan pada konsumen, melakukan penetapan harga yang wajar, dan mendistribusikan barang di berbagai wilayah yang luas. Hal ini peneliti menghubungkan masalah strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan roti pada CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo Kelurahan Sutojayan Kabupaten Blitar yang sesuai dengan Etika Bisnis Islam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan roti pada CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo Kelurahan Purworejo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar ? (2) Bagimana strategi pemasaran pada CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo Kelurahan Sutojayan Kabupaten Blitar ditinjau dari etika bisnis Islam ? Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis sebelum di lapangan dan analisis data selama di lapangan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menujukkan bahwa: (1) strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan roti pada CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo dilakukan dengan cara menerapkan strategi produk dengan cara menjaga kualitas produk dengan bahan-bahan baku yang berkualitas baik dan tidak mengandung bahaya serta mengunggulkan produk dari segi rasa. Strategi promosi yang yang diterapkan dengan cara memberikan sampel produk kepada calon konsumen dari rumah ke rumah maupun langsung terjun ke pasar-pasar tradisional, kemudian diteruskan dari mulut ke mulut. Strategi distribusi yang diterapkan dengan cara mendistribusikan produk yang dihasilkan di berbagai pasar-pasar tradisional maupun toko-toko pelanggan diberbagai daerah yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan menggunakan kendaraan motoris dan mobil box. Srategi penetapan harga yang diterapkan adalah dengan cara menetapkan harga produk yang sesuai dengan produk yang dihasilkan baik dari kualitasnya maupun volumenya yang sesuai dengan harga roti pada umumnya yang ada di pasaran. (2) strategi pemasaran pada CV. Surya Food Indonesia Lingkungan Purworejo Kelurahan Sutojayan Kabupaten Blitar ditinjau dari etika bisnis Islam, sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam, yang mana produk yang dihasilkan terjamin kehalalannya, tidak menutup nutupi produk yang cacat, selalu bertanggungjawabuntuk mengganti produk yang sudah rusak, berperilaku jujur dan apa adanya ketika mengenalkan produk kepada calon konsumen, berusaha memberi kepuasan dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, serta menerapkan keadilan terhadap konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101153008 Anis Fitri Dzakiyah
Date Deposited: 25 Mar 2019 07:46
Last Modified: 25 Mar 2019 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item