Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (kubus dan Balok) siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2009/2010

Masithoh, Dewi (2009) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (kubus dan Balok) siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]

[img] Text
Dftar Rjukan.doc

Download (41kB)
[img] Text
skripsi imuetBAB IV.doc

Download (305kB)
[img] Text
skripsi imuetBAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
skripsi imuetBAB1.doc

Download (95kB)
[img] Text
skripsi imuetBAB2.doc

Download (270kB)
[img] Text
skripsi imuetBAB3.doc

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran.doc

Download (11MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa penggunaan metode pembelajaran pada materi bangun ruang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika. Dalam hal ini peneliti menghubungkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2009/2010. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Adakah pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (kubus dan Balok) siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2009/2010? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang : Ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan interview. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman bangun ruang dan juga hasil belajar matematika siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan metode observasi, dokumentasi, dan interview digunakan untuk menggali data tentang sejarah, letak geografis, sarana dan prasarana, struktur organisasi, dan keadaan guru dan siswa di UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus t-Tes. Setelah data dianalisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII semester genap di UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ajaran 2009/2010. Hasil hitung, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% dari nilai-nilai tt ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: tt (5% =2,000) < 6,810 > tt (1% = 2,660), tenyata t-test lebih besar dari pada t-tabel. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 07:29
Last Modified: 04 Feb 2015 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item