HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AL-QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTS NEGERI 15 JOMBANG

FAIRUZ 'IZZATI, 17201153488 (2019) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AL-QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTS NEGERI 15 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II new.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Fairuz ‘Izzati, NIM 17201153488, “Hubungan Antara Gaya Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Negeri 15 Jombang” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci : Gaya belajar, Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Rumusan masalah: 1) Adakah hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 15 Jombang? 2) Adakah hubungan antara penggunaan media pembelajaraan dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 15 Jombang? 3) Adakah hubungan antara gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran dengan prestasi siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri 15 Jombang?. Pendekatan penelitian: Pendekatan Kuantitatif, jenis penelitian Deskriptif Korelatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 130 siswa. Dengan pengambilan sampel sebanyak 25% yakni sebanyak 32 siswa. Metode pengambilan data: kuesioner model skala likert untuk variabel bebas yaitu gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran, dan untuk variabel terikat yakni hasil belajar Al-Qur’an Hadits: dokumentasi sekolah. Teknik analisis data: untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian: 1) Gaya belajar berkorelasi positif dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Adapun ketentuan penerimaan atau penolakan terjadi jika nilai r hitung > r tabel, maka H0 dapat ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari analisis yang didapat yaitu r hitung (0,375) > r tabel (0,05), sehingga dapat disimpulkan menolak H0 yang artinya ada korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits. 2) Penggunaan media pembelajaran berkorelasi positif dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Adapun ketentuan penerimaan atau penolakan terjadi jika nilai r hitung > r tabel, maka H0 dapat ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari analisis yang didapat yaitu r hitung (0,409) > r tabel (0,05), sehingga dapat disimpulkan menolak H0 yang artinya ada korelasi yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits. 3) Gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran berkorelasi positif dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 15 Jombang. Ketentuan penerimaan atau penolakan terjadi jika nilai F hitung > F tabel, maka H0 dapat ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari analisis yang didapat yaitu F hitung (6,566) > F tabel (3,33), sehingga dapat disimpulkan menolak H0 yang artinya ada korelasi yang signifikan antara gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201153488 Fairuz 'Izzati
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:19
Last Modified: 30 Mar 2020 12:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item