PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

UMI LATIFATUL KHOBIROH, 1724143255 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri tahun ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh umi latifatul khobiroh, nim. 1724143255, pembimbing DR. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: kedisiplinan belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar matematika Penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena bahwa kedisiplinan dan perhatian orang tua dapat mempengaruhi tingkah laku dan prestasi belajar siswa Khususnya pada pelajaran matematika, kedisiplinan siswa baik dalam belajar maupun dalam mentaati tata tertib ketika semua itu sudah tertanam di dalam diri siswa dan sudah terbiasa maka akan timbul sebuah kesadaran, ketika siswa dalam melakukan sesuatu atau dalam belajar dilandasi dengan kesadaran diri bukan paksaan maka hasilnya nanti juga akan berbeda dengan siswa yang melakukan sesuatu atau belajar dengan dilandasi sebuah paksaan. Selain itu perhatian orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa karena orang tua adalah seorang manajer pendidikan bagi anaknya. Dengan perhatian orang tua anak akan terarah dan terkontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Penelian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 374 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 103 siswa yang terdiri dari 3 kelas, mengambil 30% dari jumlah populasi siswa dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan mengetahui nilai prestasi belajar matematika siswa. Teknik analisia data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16.0. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama disiplin belajar dan bimbingan orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing masing bebas bernilai positif, artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh disiplin dan perhatian orang tua. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kedisiplin siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 25,299 > 1,984 dan signifikansi 0,000 < 0,005 (2) Perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,731 > 1,984 dan signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Kedisiplinan dan Perhatian orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 319,742 > 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kedisiplinan dan Variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 86,5%, sedangkan 13,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143255 UMI LATIFATUL KHOBIROH
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:28
Last Modified: 13 Feb 2019 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item