PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019

DESI FARIDA, 17204153049 (2019) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Desi Farida, NIM. 17204153049, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata kunci: Proses berpikir, gaya kognitif, pemecahan masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika, yaitu terkait dengan penerapan konsep yang telah dipelajari dalam memecahkan masalah matematika. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui kecenderungan proses berpikir siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek berdasarkan gaya kognitif yang dimilikinya, yaitu gaya kognitif field independent dan field dependent. Gaya kognitif berkaitan dengan proses penerimaan dan pengolahan suatu infomasi yang diperoleh siswa dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dan (2) untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan instrumen tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa test geft untuk mengetahui gaya kognitif masing-masing siswa dan soal uraian materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk mengetahui proses berpikirnya. Metode wawancara digunakan untuk melengkapi informasi yang diperoleh dari metode tes. Sedangkan dokumentasi disajikan dalam bentuk yang meliputi foto-foto saat penelitian dan dapat dijadikan bukti bahwa peneliti telah melaksanakan proses penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses berpikir siswa dengan gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel cenderung konseptual, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa subjek mampu memenuhi indikator proses berpikir konseptual. (2) Proses berpikir siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel cenderung semikonseptual, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis bahwa sebagian besar subjek mampu memenuhi indikator sampai pada tahap membuat rencana penyelesaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153049 DESI FARIDA
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:59
Last Modified: 12 Feb 2019 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10150

Actions (login required)

View Item View Item