PROSES BERPIKIR SISWA SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG KELAS XI BERTIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

BINTARI NUR FALAH, 17204153145 (2019) PROSES BERPIKIR SISWA SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG KELAS XI BERTIPE KEPRIBADIAN GUARDIAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa SMK PGRI 1 Tulungagung Kelas XI Bertipe Kepribadian Guardian dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar” ini ditulis oleh Bintari Nur Falah, NIM. 17204153145, pembimbing: Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Proses Berpikir, Kepribadian Guardian, Memecahkan Masalah, Gaya Belajar Proses berpikir merupakan suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak yang digunakan untuk menghasilkan ide atau pengetahuan sebagai upaya dalam memecahkan masalah. Setiap peserta didik memiliki proses berpikir yang berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi yang dihadapi. Selain itu, setiap peserta didik memiliki kepribadian dan gaya belajar yang berbeda-beda yang mempengaruhi proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan cepat, tiba-tiba dan spontan tanpa langkah-langkah formal. Namun, ada kalanya peserta didik menyelesaikan masalah dengan langkah demi langkah yang formal/analitis (seperti menggunakan rumus, aturan logika). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa berkepribadian guardian dalam memecahkan masalah matematika di SMK PGRI 1 Tulungagung dengan gaya belajar: (1) visual, (2) auditory, (3) kinesthetic. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan tugas pemecahan masalah (tes), angket penggolongan tipe kepribadian dan gaya belajar, dan wawancara. Tes dan angket dilakukan pada kelas XI PKM dan XI OTKP 2, kemudian dipilih 6 subjek penelitian yang mewakili kepribadian guardian dengan gaya belajar visual, kinesthetik, dan auditory. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa kepribadian guardian dengan gaya belajar: (1) visual. Mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, mampu merencanakan penyelesaian masalah sesuai dengan konsep dan informasi pada soal, mampu melaksanakan rencana penyelesaian yang telah dibuat, serta mampu melakukan pengecekan kembali jawaban yang telah ditulis; (2) kinesthetic. Mampu mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, mampu merencanakan penyelesaian masalah sesuai dengan konsep dan informasi pada soal, hanya saja belum mampu menuliskan dan menggunakan hasil yang diperoleh dari setiap langkah untuk menentukan jawaban akhir, serta tidak mampu menjelaskan cara lain dalam menyelesaikan soal; (3) auditory. Belum mampu menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, belum mampu merencanakan penyelesaian masalah sesuai dengan konsep dan informasi pada soal, belum menuliskan dan menggunakan hasil yang diperoleh dari setiap langkah untuk menentukan hasil akhir, serta tidak mampu menjelaskan cara lain dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153145 BINTARI NUR FALAH
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:41
Last Modified: 12 Feb 2019 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item