STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi Multi Kasus di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar)

BINTI FARIDATUS SALIHAH, 17505164013 (2018) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi Multi Kasus di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Salihah, Binti Faridatus, 2018. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan Sistem Full Day School (Studi Multi Kasus di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan (2) Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Peningkatan Mutu, Full Day School Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh usaha lembaga sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran full day school. Full day school merupakan sekolah sehari penuh dari pagi hingga sore sehingga interaksi secara formal antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran akan lebih lama. Dengan sistem pembelajaran full day school diharapkan mutu pembelajaran akan meningkat karena proses pembelajaran tidak hanya mengembangkan kognitif tetapi juga mengambangkan afektif dan psikomotorik peserta didik. Guru sebagai pendidik harus mampu menguasai bahan ajar, mengelola kelas, menggunakan metode, media dan bahan ajar serta menilai secara proses maupun hasil. Kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dapat meningkatkan mutu pembelajaran sehinggan prestasi peserta didik dapat meningkat. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendekatan yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan sistem full day school di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar?; (2) Bagaimana metode yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan sistem full day school di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar?; (3) Bagaimana sistem evaluasi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan sistem full day school di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan rancangan studi multi kasus. Lokasi penelitian di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data kasus tunggal dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data, serta analisis lintas kasus.Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian kasus I di SDI Al Badar Tulungagung adalah (1) Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan proses, dan pendekatan ekspositori. (2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode kerja kelompok, metode taking stick, dan metode team teaching. (3) Evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yang mencakup penilaian kognitif, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. Sedangakn evaluasi hasil mencakup ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Hasil penelitian kasus II di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah (1) Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan proses, pendekatan ekspositori, dan pendekatan kelompok. (2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill, metode kerja kelompok, dan metode karyawisata. (3) Evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yang mencakup penilaian kognitif, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. Sedangakn evaluasi hasil mencakup ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Berdasarkan hasil penelitian pada kasus I di SDI Al Badar Tulungagung dan kasus II di MI Unggulan Darussalam Pknggok Blitar maka hasil penelitian lintas kasus adalah (1) Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan proses, pendekatan ekspositori, dan pendekatan kelompok. (2) Metode pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill, metode kerja kelompok, metode karyawisata, metode talking stick dan metode timregu (team teaching). (3) Evaluasi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SDI Al Badar Tulungagung dan MI Unggulan Darussalam Ponggok Blitar adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses yang mencakup penilaian kognitif, penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. Sedangakn evaluasi hasil mencakup ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2817123026 BINTI FARIDATUS SALIHAH
Date Deposited: 21 Dec 2018 03:00
Last Modified: 21 Dec 2018 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item