PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS V MIN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018

MOHAMMAD AFIF MUHTAROM, 1725143188 (2018) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS V MIN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh metode Numbered Head Together Terhadap Motifasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas V MIN 7 Blitar” ini di tulis oleh Muhammad Afif Muhtarom, NIM. 1725143788, Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang di bimbing oleh ibu Drs. Hj. Elfi Mua’wanah. M. Pd Kiata kunci: Numbered Head Together, motivasi, hasil belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika di jelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik lebih memahami materi yang di sampaikan, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah perumusan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) adakah pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 Blitar? 2)adakah pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar fiqih peserta didik kelas V MIN 7 Blitar?. 3) seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta ddik kelas V MIN 7 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:1) untuk mengetahui pengaruh metode Numbered Head Together untuk mengetahui adanya pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi hasil belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 Blitar. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh Numbered Head Together terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 blitar. 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi hasil belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi exsperiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Dokumentasi di gunakan untuk menggali data tentang populasi, sempel, sarana, dan prasarana pendidikan, serta dokumentasi madrasah. Angket di gunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar peserta didik MIN 7 Blitar yang di gunakan sebagai sempel penelitian. Tes di gunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik MIN 7 blitar yang di gunakan sebagai sempel penelitian. Hasil penelitian menunjukan 1) ada pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 blitar dengan nilai thitung (2,241) > ttabel (1,671) pada taraf signifikansi 5 %, 2) ada pengaruh metode Numbered Head Together terhadap hasil belajar fikih peserta didik kelas V MIN 7 Blitar dengan nilai thitung (3.074) > ttabel (1,671) pada taraf signifikansi 5 %, 3) besar pengaruh metode Numbered Head Together terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik fikih kelas V MIN 7 Blitar dapat dilihat dari perhitungan effect size pada uji t dengan menggunakan rumus Cohen ‘s d from t-test, mempunyai pengaruh cukup dengan presentase 66 % untuk motivasi belajar dan 69 % untuk hasil belajar, maka metode Numbered head Togetherdapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143188 MOHAMMAD AFIF MUHTAROM
Date Deposited: 21 Dec 2018 01:42
Last Modified: 21 Dec 2018 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item View Item