UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TAPAN IV KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

ASMA’UL CHUSNAH, 1721143071 (2018) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TAPAN IV KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tapan IV Kecamatan Kedungawaru, Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh, Asma’ul Chusnah, NIM. 1721143071, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia. Pendidikan agama tidak hanya sekadar memberikan pengetahuan tentang selain itu yang lebih penting adalah memberikan passion atau rasa cinta terhadap agama, agar peserta didik mempunyai pola pikir yang sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh agama.Maka ditopang oleh upaya sekolah dan tenaga pendidik. Sehingga, menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini: 1. Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tapan IV Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung?, 2. Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu supervisi di Sekolah Dasar Negeri Tapan IV Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung?, 3. Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana prasarana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Tapan IV Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, analisis ketika di lapangan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian adalah 1. Kepala Sekolah Dasar Negeri Tapan IV Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung berupaya dengan sungguhsungguh dalam meningkatkan mutu guru. Diantaranya dengan memberikan izin dan motivasi terhadap untuk melanjutkan kuliah, mengikuti diklat, seminar dan kursus. 2. Kepala Sekolah Dasar Negeri IV Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung berupaya dengan sungguh-sungguh dalam meningkatkan mutu guru PAI. Beliau benar-benar melakukan supervisi dengan cara yang luwes, tetap menjadi motivator, pemimpin dan menguasai segala kompetensi. 3. Kepala Sekolah Dasar Negeri IV Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan agama islam dengan penyediaan sarana prasarana pendidikan secara riil dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan sarana xiv tersebut secara maksimal. Selain itu kepala sekolah juga memberi contoh dan tauladan yang baik dalam penggunaan sarana pendidikan agama Islam yang ada di sekolah. Contohnya, sholat dhuha di mushola

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143071 ASMA’UL CHUSNAH
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:49
Last Modified: 18 Dec 2018 06:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item