pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 6 Tulungagung

agung bayu prasetiyo, 1725143006 (2018) pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 6 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)

Abstract

Skripsi dengan judul pengaruh kecerdasan emosional dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di MIN 6 Tulungagung ditulis oleh Agung Bayu Prasetiyo Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Nurcholis, M. Pd. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Perhatian Orangtua, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan kurang optimalnya pembelajaran matematika di Indonesia yang di tandai masih rendahnya hasil belajar matematika yang di temui di sekolah. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang menguasai mata pelajaran matematika, diantaranya adalah anak kurang berminat untuk mempelajari matematika, karena matematika merupakan pelajaran yang kurang menarik. Siswa berasumsi bahwa pelajaran matematika pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga siswa merasa terbebani saat berinteraksi dalam proses pembelajaran, dan masih rendah karena tingkat pemahaman siswa terhadap konsep berhitung. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa (2) mengetahui seberapa besar perhatian orangtua berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa (3) mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional dan perhatian orangtua secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan ex post facto. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional dan perhatian orangtua, tes untuk hasil belajar matematika siswa. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen, dengan Y (hasil belajar), X1 (kecerdasan emosional) dan X2 (perhatian orangtua).. Hasil penelitiannya adalah (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) perhatian orangtua tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa,(3) kecerdasan emosional dan perhatian orang tua secara bersama-sam berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143006 Agung Bayu Prasetiyo
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:39
Last Modified: 12 Dec 2018 07:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item