PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2017/2018

NUR AINI MUNADIROH, 1724143190 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTsN 4 TULUNGAGUNG TAHUN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends AnalysisTerhadap Hasil Belajar pada Materi Aritmetika Soisal Siswa Kelas VII MTsN 4 Tulungagung Tahun 2017/2018” ini ditulis oleh Nur Aini Munadiroh, NIM. 1724143190, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Means Ends Analysis, Hasil Belajar, Aritmetika Sosial. Hasil Belajar siswa tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berfikir secara reflektif, kritis, logis, sistematis, dan kreatif dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran Means Ends Analysis dengan Hasil Belajar siswa di MTsN 4 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar pada materi aritmetika soisal siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung tahun 2017/2018. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysist terhadap hasil belajar pada materi aritmetika soisal siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas VII MTsN 4 Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII D (sebagai kelas kontrol). Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig. = 0,002. 2) besar pengaruh model Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,744 dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 76%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model Means Ends Analysis terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143190 NUR AINI MUNADIROH
Date Deposited: 11 Dec 2018 06:21
Last Modified: 11 Dec 2018 06:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9930

Actions (login required)

View Item View Item