STRATEGI PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MTsN 2 BLITAR

NUHA ZULFIDA, 1721143312 (2018) STRATEGI PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Perilaku Islami Siswa di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Nuha Zulfida, NIM 1721143312 Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Srategi, Peningkatan Perilaku Islami Latar belakang penelitian ini karena mengingat pentingnya strategi sekolah yaitu dalam pembentukan dan peningkatan sifat perilaku islami siswa. Maka sudah seharusnya bahwa strategi peningkatan perilaku islami siswa erlu perhatian secara serius, diantaranya melalui progam sekolah untuk peningkatan perilaku islami. Melalui progam yang diselenggarakan sekolah harus mampu membekali peserta didik dengan kecakapan hidup berperilaku islami yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana program MTsN 2 Blitar dalam meningkatkan perilaku islami siswa?, 2) Bagaimana pelaksanaan program yang diselenggarakan dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di MTsN 2 Blitar?, 3) Bagaimana hasil dari progam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di MTsN 2 Blitar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui progam, pelaksanaan dan hasil dari progam yang telah di selenggarakan. Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif, lokasinya di MTsN 2 Blitar. Dimana dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan diskusi sejawat, trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) Strategi peningkatan perilaku Islami dimulai dari progam progam yang dilaksanakan sekolah diantaranya berupa Pembiasaan 5S (Senyum,salam sapa, sopan dan santun), Diadakan kelas khusus hafidz qur’an, Penertiban untuk siswa yang terlambat, Membiasakan siswa membaca al-quran 15 menit setiap hari sebelum pembelajaran jam pertama di mulai, Diadakan kajian islami setiap hari jumat sebelum jumatan, sholat dhuha dan dhuhur berjamah. 2) Strategi perilaku islami dilaksanakan secara berkala yaitu harian, mingguan, bulanan dan tahunan. 3) Hasil dari progam yang dilaksanakan oleh sekolah sebagai bentuk strategi peningkatkan perilaku islami siswa pada MTsN 2 Blitar sudah berhasil dengan baik, kesabaran dan kegigihan guru dalam membina dan memperbaiki kepribadian siswa membuahkan hasil yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143312 NUHA ZULFIDA
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:30
Last Modified: 26 Dec 2018 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9906

Actions (login required)

View Item View Item