PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN PMRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP NEGERI 1 REJOTANGAN

ELDITA NADHIFATUL LAIL, 1724143087 (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN PMRI DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SMP NEGERI 1 REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (893kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan PMRI Dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial SMP Negeri Rejotangan” ini ditulis oleh Eldita Nadhifatul Lail, NIM. 1724143087, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Problem Solving, PMRI, Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya seorang guru dalam mengubah pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru, karena bisa menyebabkan siswa yang pasif lebih cenderung menghafal bentuk atau kalimat dalam menyelesaikan soal matematika. Hal tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar matematika yang berakibat pada buruknya hasil belajar mereka. Dalam hal ini peneliti ingin membandingkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 1 Rejotangan apabila diterapkannya Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional. Tujuan dalam peneliti ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial SMP Negeri 1 Rejotangan. (2) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi pokok aritmatika sosial SMP Negeri 1 Rejotangan. (3) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design. Dengan mengambil populasi yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan, dimana kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan data dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sedangkan dokumentasi digunkan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana , dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial SMP Negeri 1 Rejotangan. (2) Ada perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP pada materi aritmatika sosial Negeri 1 Rejotangan. (3) Ada perbedaan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial SMP Negeri 1 Rejotangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143087 ELDITA NADHIFATUL LAIL
Date Deposited: 05 Dec 2018 04:25
Last Modified: 05 Dec 2018 04:25
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9898

Actions (login required)

View Item View Item