Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kandat Kediri” ini ditulis oleh Achmad Muzakkah Chanana, NIM. 1724143003, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar

ACHMAD MUZAKKAH CHANANA, 1724143003 (2018) Skripsi Dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kandat Kediri” ini ditulis oleh Achmad Muzakkah Chanana, NIM. 1724143003, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya seorang guru dalam mengubah pembelajaran yang tidak hanya berpusat pada guru, karena bisa menyebabkan siswa yang pasif lebih cenderung menghafal bentuk atau kalimat dalam menyelesaikan soal matematika. Hal tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi belajar siswa dalam belajar matematika yang berakibat pada buruknya hasil belajar mereka. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa di SMP N 2 Kandat apabila diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dalam peneliti ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen design. Dengan mengambil populasi yaitu kelas VIII SMP N 2 Kandat, dimana kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunkan pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Metode pengambilan data dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar siswa SMP N 2 Kandat yang digunakan sebagai sampel penelitian. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa SMP N 2 Kandat yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunkan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana , dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat, hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 2,647 > 1,994 pada taraf signifikansi 5% dan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat, hal ini ditunjukkan dengan thitung > ttabel atau 6,780 > 1,994 pada taraf signifikansi 5%. (2) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat sebesar 73% dengan kriteria sedang dan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Kandat sebesar 94,5% dengan kriteria tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 1724143109 Ichmal Vandalu Amilluloh
Date Deposited: 04 Dec 2018 03:53
Last Modified: 04 Dec 2018 03:53
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9883

Actions (login required)

View Item View Item