Proses Berpikir Siswa Berdasar Dual Processed Theory (DPT) dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018

Ilham Ichwanudin, 1724143112 (2018) Proses Berpikir Siswa Berdasar Dual Processed Theory (DPT) dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB)

Abstract

Ichwanudin, Ilham. 2018. Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa Berdasar Dual Processed Theory (DPT) dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” dibimbing oleh Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Proses berpikir, Dual Processed Theory (DPT), Sistem 1 (Intuitif), Sistem 2 (Analitis) Proses berpikir dilakukan oleh setiap orang ketika menyelesaikan suatu masalah matematika. Setiap orang melakukan proses berpikir yang berbeda-beda, tergantung dari situasi masalah yang sedang dihadapi. Terkadang, seseorang dapat menyelesaikan masalah secara cepat, spontan, dan secara tiba-tiba, karena beranggapan bahwa masalah yang dihadapinya dirasa asing atau bahkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan pengetahuan informal. Namun, ada kalanya seseorang menyelesaikan masalah dengan menempuh melalui langkah demi langkah yang formal/analitis (seperti menggunakan rumus, aturan logika) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses berpikir siswa laki-laki berdasarkan Dual-Process Theory (DPT) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung (2) Mendiskripsikan proses berpikir siswa perempuan berdasarkan Dual-Process Theory (DPT) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 40 siswa kelas VIII H MTs Negeri 1 Tulungagung dengan 2 butir soal, yang kemudian dipilih 4 siswa menjadi subyek penelitian yang mewakili siswa dengan gender laki-laki dan gender perempuan dimana observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir siswa laki-laki berdasarkan Dual-Process Theory (DPT) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah dengan menggunakan sistem 1 (intuitif) dan sistem 2 (analitis), dimana subjek dengan gender laki-laki menggunakan sistem 1 dengan karakter common sense dan catalytic inferencedan serta menggunakan sistem 2 (anaitis) dengan karakter preanalitis (2) Proses berpikir siswa perempuan berdasarkan Dual-Process Theory (DPT) dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) adalah dengan menggunakan sistem 1 (intuitif) dengan karakter catalytic inference dan power of synthesis dan sistem 2 (analitis) dengan karakter pre-analitic dan analitic parsial

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 8537 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:53
Last Modified: 03 Dec 2018 03:53
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item View Item